DIET UNTUK DYSPEPSIA

Dispepsia merupakan suatu sindroma 
(kumpulan gejala)yang mencerminkan 
gangguan saluran cerna. 

Kumpulan gejala tersebut adalah rasa tidak nyaman, mual, muntah, nyeri ulu hati, bloating (lambung merasa penuh/sebah), kembung, sendawa, cepat kenyang, perut keroncongan(borborgygmi)
hingga kentut-kentut. 

Gejala itu bisa akut, berulang, dan bisa juga menjadi kronis. Disebut kronis jika gejala itu berlangsung lebih dari satu bulan terus-menerus.

Penyebab dispepsia bervariasi dari psikis sampai kelainan serius 
seperti kanker lambung. 

Beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan dispepsia adalah menelan terlalu banyak udara, misalnya, mereka yang mempunyai kebiasaan mengunyah secara salah (dengan mulut terbuka atau sambil berbicara). 

Atau mereka yang senang menelan makanan tanpa dikunyah (biasanya  konsistensi makanannya cair). Keadaan itu bisa membuat lambung merasa penuh atau bersendawa terus. 

Kebiasaan lain yang bisa menyebabkan dispesia adalah merokok, konsumsi kafein (kopi), alkohol, atau minuman yang sudah dikarbonasi (softdrink), atau makanan yang menghasilkan gas (tape, nangka, durian). 

Begitu juga dengan jenis obat-obatan tertentu, seperti suplemen besi/kalium, anti-nyeri tertentu, antibiotika tertentu, dan anti-radang. Obat-obatan itu sering dihubungkan dengan keadaan dispepsia. 

Yang paling sering dilupakan orang adalah faktor stres/tekanan psikologis yang berlebihan. Pada pasien diabetes pun dapat mengalami dispepsia karena gerakan lambungnya mengalami gangguan akibat kerusakan saraf.

Hindari makanan yang dapat meningkatkan asam lambung, menghindari faktor risiko seperti alkohol, makanan yang pedas (cabai dicampur langsung), obat-obatan yang berlebihan, nikotin rokok, dan stress serta mengatur pola makan.

Dari pola makan sendiri pastinya harus disiasati dengan pola makan yang khusus karena kondisi perut yang mudah penuh.

Diet Lambung adalah diet yang cocok utk kondisi ini yaitu dengan porsi makan yang kecil tetapi sering.

Berikut contoh menu diet lambung

Diet Lambung dengan model 
porsi kecil dan sering seperti 
ini mulai dari kelas Cardamom


Comments

Popular Posts